Printer ini dapat menghapus tinta pada kertas

Apakah Anda pernah mendengar laser unprinter? Kini para peneliti dari University of Cambridge di Inggris telah menciptakan laser unprinter yaitu printer yang dapat menghapus tinta tanpa merusak kertas. 

Cara kerja laser unprinter memang sangat berbeda, laser gelombang pendek ditembakkan dalam picoseconds; ada 1 miliar picoseconds dalam 1 milisecond, yang digunakan untuk menguapkan toner, atau mengikisnya secara ilmiah. Namun pengikisan ini tidak merusak kertas; untuk melakukan ini; tim menggunakan cahaya laser hijau yang segera diserap oleh toner warna gelap, yang aman bagi serat selulosa pada kertas.

Tujuan utama dari unprinting adalah memotong jejak karbon dari kertas dan industri percetakan. Karena pabrik kertas adalah bisnis yang memproduksi jutaan ton karbondioksida setiap tahunnya yang berbahaya bagi lingkungan. Mendaur ulang kertas adalah langkah yang tepat, tetapi memerlukan sumber daya yang sangat besar. Jika kita dapat dengan mudah menghapus lembar kertas daripada menjadikannya bubur kertas lagi tentunya kita dapat menghemat penggunaan listrik, mengurangi karbondioksida dan yang terpenting menjaga kebersihan udara yang menjadi langka setiap tahunnya. 

Dr. Julian Allwood, pemimpin tim penelitian mengatakan bahwa penggunaan alat unprint secara massal akan mengurangi konsumsi kertas secara signifikan dan itu artinya mengurangi jumlah pohon yang ditebang untuk menghasilkan kertas. Dia memperkirakan bahwa biaya untuk membuat prototipe ini mencapai sekitar 19.000 poundsterling atau sekitar 270 juta rupiah, memang cukup mahal, namun harga ini akan turun jika telah dibuat versi komersialnya.

(***)
Image : sidomi.com